Connect with us

Berita Utama

Ini SMP Pantai Pertama di Maluku, Lokasinya di Hutumuri

Pantai Hukurila

Ambon, ameksOnline.- Dari Kota Ambon, kabar gembira datang dari SMP Negeri 8 Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, telah menetapkan SMP Negeri 8 Hutumuri sebagai Sekolah Pantai Indonesia (SPI) tahun 2021.

Kepala Dinas (Kadis) Perikanan Kota Ambon, Feby Maail, mengaku, penetapan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan masyarakat pesisir, utamanya usia sekolah.

“Terkait perubahan iklim di wilayah pesisir, serta pengelolaan ekosistem sumberdaya pesisir dan laut, dengan melakukan pengamatan yang terjadi di lingkungan secara berkala,” kata Feby kepada Ambon Ekspres, kemarin.

Dijelaskan, pemberian pemahaman yang baik pada usia sekolah, diharapkan menjadi modal yang kuat bagi para siswa untuk menjadi agen perubahan di masyarakat.

Baca: Penerimaan Siswa SD dan SMP

“Dalam pelaksanaannya, SPI menerapkan prinsip dari, oleh, dan untuk siswa, yang diimplementasikan melalui konsep 4A (Amati, Analisis, Ajarkan dan Aksi),” ungkapFeby.

Untuk itu, kata dia, selain sosialisasi dan pembelajaran kelas, juga dilakukan praktek lapangan dan aksi nyata.”Diharapkan peserta SPI nantinya akan kembali ke keluarga dan lingkungan yang ada di pesisir dan membawa nilai-nilai yang telah diperoleh dalam program dimaksud untuk disebarluaskan ke keluarga dan lingkungan,” ujarFeby.

“Wilayah pesisir merupakan wilayah tempat tinggal dan berusaha sebagian besar masyarakat kota Ambon, sangat rentan terhadap perubahan lingkungan yang terjadi.Oleh sebab itu, masyarakat perlu memahami dengan baik mengenai mitigasi bencana dan adaptasi perubahan iklim untuk meningkatkan ketangguhannya,” jelas Feby.

Dia menambahkan, salah satu caranya adalah dengan membangun kesadaran masyarakat, yang dimulai lewat dunia pendidikan sebagaimana yang dilaksanakan dalam SPI ini.

Dia berharap, ke depan kolaborasi akan terus dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Perikanan, dengan KKP RI maupun stakeholder lainnya.

Maluku sendiri memiliki luas yang lebih banyak lautnya ketimbang daratan. Luas laut sekitar 93 persen, sisanya daratan. Kondisi ini yang mendorong Pemerintah Daerah mendorong Maluku menjadikan Provinsi Kepulauan.

Baca: Nelayan Kecil Jadi Kekuatan

Pemerintah Pusat juga sudah menetapkan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional. Sejumlah persiapan sudah dimatangkan. Proyek-proyek strategis nasional juga segera dibangun. Salah satunya Ambon New Port.

Ambon New Port ini akan dibangun di perbatasan Desa Waai dan Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Pemerintah Pusat akan menggelontorkan dana sekitar Rp6 trillion untuk pembangunan mega proyek tersebut. (LMS)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama