Connect with us

Berita Utama

Soal Pilwakot Ambon, Victor Siap maju

Victor Loupatty

Ambon, ameksOnline.- Kiprah Victor Loupatty di pentas politik Maluku, sudah cukup lama. Semasa Partai Demokrasi Kebangsaan atau PDK, Victor sudah berpolitik praktis. Namun kerja profesionalnya sebagai seorang pengusaha tak ditinggalkannya.

Victor lebih banyak dikenal sebagai pengusaha, ketimbang politisi. Namun kecintaannya terhadap Maluku, membuat kerja politiknya tak mau ditinggalkan. Ikut Pemilihan anggota legislatif dilakukannya pada 2019.

Keikutsertaannya lebih karena pertimbangan pengabdian atau pelayanan. Gagal di Pemilu 2019, tidak membuat politisi NasDem ini meninggalkan arena politik. Dia kembali dikabarkan akan mencalonkan diri sebagai Wali Kota Ambon.

“Kalau diijinkan Tuhan, diinginkan rakyat,” kata Victor singkat. Keinginannya menjadi kepala daerah atau wakil kepala daerah, dilatari keinginan mengabdi. Soal finansial, lelaki beruban ini sudah khatam.

“Kalau hanya mencari uang, tidak. Saya sudah cukup. Dan pendapatan saya jauh lebih besar. Ini soal pengabdian kepada masyarakat. Saya ingin melayani masyarakat,” kata Victor.

Dia mengaku, mencoba persiapkan diri karena Pemilihan Wali Kota Ambon Habitatnya Lain. “Ladangnya Lain, Dan Saya Coba Talenta Saya Untuk Bermanfaat Didalam Eksekutif Yang Tentunya Sangat Berbeda Dengan Dunia Usaha,” tandas Victor.

Pengamant politik dari FIsip Unpatti, Said Lestaluhu mengatakan, sebagai negara demokrasi, setiap orang berhak ikut serta dalam agenda rekrutmen pejabat publik, sepanjang sesuai dengan regulasi.

Terkait misi kesejahteraan yang diusung Victor, kata Said, itu isu klasik yg selalu dijual oleh setiap kandidat politik. Persoalan apakah dapat mempengaruhi preferensi pemilih, hanya bagian kecil.

“Sebab secara empirik masih banyak variabel yang harus dicermati. Perilaku pemilih Kita di Ambon memang sangat variatif. Yang paling utama soal figur. Apakah dia memiliki modal sosial, politik dan ekonomi yg baik, dan track record dalam pengalaman kepemimpinan formal atau informal,” kata dia.

Menurut dia, sosok Victor, secara ekonomi sangat unggul. Hanya saja masih harus meningkatkan modal sosial politik, termasuk track record.

Hal berbeda disampaikan, Nendy Kurniawan Asyari dari lembaga survei Index. Kata dia, Victor bukan orang di pentas politik lokal. Pemilu 2019 sudah menjadi pengalaman politiknya.

“Sekarang tinggal bagaimana dia menkomunikasikan visi dan misinya ke masyarakat melalui berbagai media. Tak cukup hanya dengan alat peraga. Ini penting agar masyarakat memahami, apa yang akan dilakukan setelah menjadi kepala daerah,” kata dia.(yan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama