Connect with us

Kesehatan

Soal Vape, Ini Sisi Kesehatan dan Ekonominya

Vape
Webinar soal manfaat Vape dari sisi kesehatan maupun ekonomi bagi daerah. -IST-

Ambon, ameksOnline.- Bea Cukai Maluku kembali menggelar kegiatan webinar Mari Katong Bacarita. Kegiatan ini diikuti internal pegawai maupun masyarakat, ASN, pengusaha vape store, dan stakeholder lainnya.

Webinar diisi narasumber, Kasubdit Tarif Cukai dan Harga Dasar Direktorat Teknis dan Fasilitas Cukai, Sunaryo. Kadispenda Provinsi Maluku, Djalaludin Salampessy, Kabalai POM Ambon Hariani. Kabid P2M BNN Provinsi Maluku Benny Timisela, dan praktisi kesehatan, Hasni Arusad.

Kasubdit Tarif Cukai dan Harga Dasar Direktorat Teknis dan Fasilitas Cukai Sunaryo mengatakan, liquid vape salah satu produk Barang Kena Cukai (BKC) Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HTPL), selain Tobacco Molases, chewing tobacco, tobacco capsule, dan snuff tobacco. Ini merupakan bentuk instrumen fiskal untuk pengendalian atas konsumsi dan pengawasan peredarannya.

Kenapa demikian, kata dia, Vape dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan masyarakat. “Sama halnya seperti rokok konvensional, selain aspek penerimaan negara dari sektor cukai,” jelasnya.

Kabalai POM Ambon, Hariani menjelaskan pihaknya hanya diberikan mandat untuk melakukan pengawasan yang bersifat pascapemasaran. Mereka belum memiliki kewenangan terhadap peredaran vape atau rokok elektrik.

Sedangkan praktisi kesehatan, dr. Hasni Arusad, MARS, menekankan agar perlu regulasi yang lebih jelas lagi terhadap penggunaan vape. Sama halnya dengan rokok konvensional yang dapat berpengaruh pada kesehatan penggunanya.

Selain itu juga diingatkan oleh Kabid P2M BNN Provinsi Maluku, Benny Timisela, baik kepada produsen, vape store, dan konsumen vape terhadap penyalahgunaan konsumsi vape yang mengandung zat narkotika. Masyarakat harus ikut membantu BNN dalam mengawasi peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kalangan masyarakat.

Kadispenda Provinsi Maluku, Djalaludin Salampessy, berharap adanya kontribusi pajak cukai yang diperoleh, seperti halnya pajak rokok, dapat menjadi salah satu alternatif dana bagi hasil cukai bagi pendapatan daerah. (CAL)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kesehatan