Connect with us

Berita Utama

Stok Vaksin Kosong, Vaksinasi di Ambon Kembali Terhambat

Kadis Kesehatan
Kadis Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy

Ambon, ameksOnline.- Di tengah gencarnya Pemerintah untuk melaksanakan vaksinasi bagi warga, guna mencapai Hard Immunity, ternyata tidak disertai dengan adanya penyediaan dosis vaksin.

Kota Ambon sendiri misalnya, saat ini stok vaksin jenis AstraZeneca sementara kosong, akibatnya menghambat program vaksinasi di kota ini. Meski data yang ada ratusan ribu warga yang telah tervaksin.

Kadis Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengatakan, pihaknya telah mengajukan permintaan kepada Kementerian Kesehatan RI, melalui Pemerintah Provinsi Maluku.

Baca: Ini Jam Tutup Tempat Usaha

“Untuk saat ini vaksin AstraZeneca di Kota Ambon kosong. kita sudah ajukan permintaan sebanyak 3.000 vial, atau sekitar 30.000 dosis,”kata dia kepada wartawan di Balai kota, Kamis (22/7) sore.

Pelupessy berharap, agar sebelum Agustus nanti permintaan vaksin AstaraZeneca itu sudah tiba di Kota Ambon.

Dijelaskan, 30.000 dosis vaksin itu akan disuntikan kepada warga yang belum tervaksin maupun untuk mereka yang akan menerima vaksin dosis kedua.


“Kita minta 30 ribu dosis atau 3 ribu vial, dengan catatan 25 ribu dosis untuk suntikan kedua yang telah kita suntikan dari April sampai 31 Mei kemarin, sedangkan 5 ribu itu untuk mereka yang belum vaksin. Mudah-mudahan kita minta 3 ribu dapatnya juga demikian, sehingga kebutuhan yang telah kita rencanakan tercapai,”paparnya.

Dia mengaku, hingga kemarin sesuai data yang terkirim langsung kepusat usai disuntuk vaksin itu baru sekitar 106.450 ribu jiwa yang sudah tervaksin.

Baca: Walikota tak Paksakan Warga Untuk Vaksin

“Angka itu menunjukan Kota Ambon baru memasuki 40 persen yang tervaksin,”ucap dia.

Pelupessy mengaku, pihaknya menargetkan warga tervaksin itu diangka 75 persen.

“Mereka yang sudah tervaksin ini diantaranya tenaga kesehatan, pelayanan publik, lansia, pedagang, keluarga rentan, masyarakat umum dan pelajar usia 12 sampai dengan 17 tahun, termasuk juga rekan-rekan media,”tandasnya. (ARH)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama