Connect with us

Berita Utama

Tiga Bulan Dihantam Covid, PAD Ambon Hilang Rp33 M

Walikota Ambon


Ambon,ameksOnline.- Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan, dampak dari covid-19 membuat Kota Ambon, dalam tiga bulan terakhir kehilangan Rp 33 milyar dari Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Dari prediksi kita dari termin ke II ini itu kita kehilangan 30 persen dari PAD kita hanya bisa mencapai 10 persen,”kata dia, kepada wartawan di Kota Ambon, Kamis sore.

Menurutnya, selama pandemik terutama dengan adanya pemberlakukan PSBB membuat banya sektor usaha yang tutup, akibatnya berdampak pada PAD tersebut. “Cukup banyak sektor usaha yang tutup, yang resmi menyayangkan untuk sementara ditutup sehingga berpengaruh pada pendapatan daerah,”ujarnya.

Diakui, sesuai laporan dari Dinas Pendapatan Kota Ambon, PAD menurun sangat drastis. “Sampai tadi Kepala Dinas Pajak lapor bahwa kita hanya mencapai 10 persen atau kehilangan kurang lebih Rp. 33 miliar pada termin ke II dan itu sangat memprihatinkan. Termin I masih bagus tidak ada masalah. Nanti termin ke III kita lihat lagi, kan ada 4 termin,”terangnya.

Walikota mengungkapkan, sebelum pandemi PAD Pemkot pertahun itu mencapai Rp. 160 milyar. “Pertama saya jadi Wali Kota PAD Rp. 38 miliar. Sekarang saya di tahun ke 7, sudah Rp. 160 miliar, cuma karena pandemi kita turun cukup drastis. Kita berharap agar pandemik ini segara berlalu sehingga kehidupan kita bisa kembali seperti sediakala. Masyarakat harus patuhi protokol kesehatan itu,”pungkasnya. (AHA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama