Connect with us

Politik

Tiga Parpol Pengusung Tawar Cawabup SBT Berbeda ke Mukti

Sekretaris PAN Maluku

Ambon,ameksOnline.- Bakal calon kepala daerah petahana Seram Bagian Timur, Mukti Keliobas diperhadapkan pada pilihan sulit. Partai politik pengusung menawarkan figur bereda untuk dipasangkan dengannya. Karena itu, sampai kemarin politisi Golkar ini belum bisa menentukan langkah politiknya.

PKPI memberikan dukungan dengan syarat, kadernya Idris Rumalutur harus berpasangan dengan Mukti. PKB juga demikian. Kini Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) juga menawarkan hal yang sama. Mereka akan mengusung Mukti, jika berpasangan dengan Mouhammaf Iqbal Siladja.

Selain di SBT, PAN juga berencana merekomendasikan pasangan Muhammad Mukadar-La Hamidi di Buru Selatan. “Perlu diluruskan bahwa untuk SBT sinyal PAN kepada Mukti Kaliobas dan Muhammad Iqbal Siladja. Kemudian Bursel, Muhammad Mukadar-La Hamidi,” ujar Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Maluku Syukur Kaliki kepada Ambon Ekspres, Sabtu (1/8).

Dikatakan sejauh ini, rekomendasi fisik memang belum dikeluarkan oleh DPP, tetapi PAN sudah mengarah kepada kedua pasangan tersebut.”Memang belum ada dukungan fisik, tetapi DPP telah memberikan signal seperti itu rekomendasi PAN kepada pasangan yang sudah disebutkan,”jelasnya.

Untuk Kabupaten Aru, PAN non seat atau tidak memiliki kursi. PAN hanya memberikan dukungan politik kepada pasangan petahana Johan Gonga-Muin Sogalrey.

Maluku Barat Daya (MBD) pun sama. PAN tidak ada kursi, dan mendukung petahana Benjamin Thomas Noach serta pasangannya Agustinus Lekwardai Kilikily.

Setelah rekomendasi dikeluarkan, maka setiap kader PAN dari wilayah hingga DPC, PAC dan ranting harus bekerja maksimal. Karena terget PAN adalah menang di Pilkada, bersama dengan partai koalisi lainnya.

“Target kita adalah menang, baik untuk Bursel dan SBT maupun Aru MBD. Makanya perlu kerja ekstra dari semua kader,”tandas Kaliki.

Dia menegaskan, untuk Bursel La Hamidi kader PAN, juga anggota DPRD setempat. Sedangkan Muhammad Mukadar kader Golkar. Ia yakin, pasangan ini bisa mendapatkan rekomendasi dua partai tersebut.

PAN memiliki dua kursi di Buru Selatan, dengan posisi wakil ketua DPRD karena akumulasi suara terbanyak. Sedangkan di SBT dua kursi. Ini menjadi tolak ukur bahwa partai berlambang mata hari terbit itu tidak bisa dipandang sebelah mata mengumpul pundi-pundi suara di Pilkada nanti.

“Kita dua kursi di Bursel, posisi wakil ketua DPRD. Kemudian tiga di SBT. Dengan perolehan ini, maka sudah tentu ada basis yang jelas diantara mereka yang terpilih. Komitmen kami sudah jelas, pasangan yang diusung harus menang,” beber Kaliki.

Salah satu pengurus DPW PAN Maluku yang enggan nama disebutkan juga mengaku, rekomendasi diberikan kepada pasangan yang memiliki peluang menang.

Untuk SBT arah rekomendasi PAN kepada Mukti Kaliobas-Muhammad Iqbal Siladja. Sebelumnya, informasi yang diperoleh Ambon Ekspres, PAN akan mengusung Mukti Keliobas dan Idris Rumalutur.

Sementara Buru Selatan Muhammad Mukadar-La Hamidi. “Kita berharap semoga semuanya berjalan dengan lancar. Karena targetnya harus menang,” singkatnya.(WHB)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Politik