Connect with us

Berita Utama

Tiga Pejabat Polda Diganti, Salah Satunya Kapolres MBD

Kombes Roem Ohoirat
Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Mohammad Roem Ohoirat.

Ambon, ameksOnline. -Tiga pejabat Polda Maluku masuk dalam rotasi ratusan perwira menengah hinggai tinggi yang dilakukan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Salah satu pejabat yang bergeser, adalah jabatan Kapolres Maluku Barat Daya (MBD).


Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram bernomor, ST/1129/VI/KEP/2021, tertanggal 1 Juni 2021, yang ditandatangani langsung oleh Asisten SDM Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.


Dalam surat telegram tersebut dinomor 139 terdapat nama AKBP Budi Adhi Buono Kapolres Maluku Barat Daya (MBD) Polda Maluku, dimutasikan sebagai Kapolres Demak Polda Jawa Tengah, menggantikan AKBP Adhika Bayu Adittama yang dimutasikan sebagai Wadir Lantas Polda Jateng. Jabatan Kapolres MBD yang ditinggalkan Budi, selanjutnya akan ditempati oleh AKBP Dwi Bachtiar Rivai, yang saat ini menjabat sebagai Kasubdit Paminal Bidpropam Polda Maluku.

Selanjutnya dinomor 165 nama Kombes Rahmat Hakim Direktur Lalu Lintas Polda Maluku, dimutasikan sebagai Dirlantas Polda NTT, menggantikan Kombes Iroth Laurens Recky, yang dimutasikan ke Lemdiklat Polri. Kombes Iroth sendiri juga pernah berdinas di Polda Maluku, sebagai Kapolres Tual.


Jabatan Dirlantas Polda Maluku, yang ditinggalkan Kombes Rahmat Hakim, selanjutnya diisi oleh Kombes Agus Krisdiyanto, yang sebelumnya berdinas sebagai Direktur Pamobvit Polda Sumbar.


Tak hanya itu saja, di nomor 250 ada juga nama Kombes Adityanto Budhi Satrio, Kabid Keuangan Polda Maluku, dimutasi sebagai Pamen Yanma Polri dalam rangka terperiksa. Jabatan Kabid Keuangan yang ditinggalkan mantan Kapolres Pulau Buru, itu selanjutnya ditempati AKBP Ignatius Jaya Misa, yang saat ini menjabat sebagai Ps Kabid Keuangan Polda Papua Barat.

Selain itu, dalam mutasi tersebut ada juga nama sejumlah pejabat Polri yang pernah berdinas di Polda Maluku, maupun putra Maluku dipromosikan oleh Kapolri.

Pejabat yang pernah berdinas di Polda Maluku, semisal Irjen Teguh Sarwono yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Bengkulu, dimutasikan sebagai Korsahli Kapolri. Irjen Teguh Sarwono sendiri pernah menjabat sebagai Wakapolda Maluku. Kemudian ada nama AKBP Sucahyo Hadi mantan Kapolres Ambon, yang saat ini menjabat sebagai Wadir Intelkam Polda Gorontalo, dimutasi sebagai Kepala SPN Polda Gorontalo, maka mutasi tersebut, mantan Kapolres SBB itu akan naik pangkat menjadi Kombes.


Sedangkan putra Maluku yang dipromosikan untuk menduduki pangkat jenderal bintang dua ditubuh kepolisian seperti Brigjen Ricky Francois Wakanno, dimutasikan sebagai Widyaiswara utama tingkat I Sespimti Lemdiklat Polri. Jabatan tersebut membuat Wakanno naik menjadi bintang dua.


Selanjutnya ada juga nama Kombes Benone Jesaja Louhenapessy yang saat ini menjabat sebagai Kabag Rendafung Rorenmin Itwasum Polri, dimutasikan Pamen Baintelkam Polri, penugasan pada BIN.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Mohamad Roem Ohoirat yang dikonfirmasi membenarkan adanya mutasi tersebut. Menurutnya, mutasi merupakan hal yang wajar dalam rangka penyegaran roda organisasi.


“Ada mutasi Polri, yang mana untuk Polda Maluku itu, ada Dirlantas, Kabid Keuangan dan Kapolres MBD. Mutasikan hal yang wajar dan biasa dalam rangka penyegaran roda organisasi, ” kata dia kepada media ini, Selasa malam.

Juru bicara Polda Maluku ini mengaku, untuk serahterima jabatan ketiga pejabat Polda Maluku itu, akan dilakukan paling lanbat 14 hari, pasca telegram tersebut dikeluarkan.


“Paling lambat 14 hari sudah harus disertijabkan. Untuk tiga pejabat di lingkup Polda Maluku, akan dilaksanakan sertijab oleh bapak Kapolda, dengan menerapkan protokol kesehatan, karena saat ini masih dalam kondisi pandemik Covid-19, ” pungkasnya. (AHA).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama