Connect with us

Lintas Pulau

Tiga Tahun Memimpin, Hanubun Dinilai Berhasil

Bupati Malra, Taher Hanubun

Ambon, ameksOnline. – Thaher Hunubun dinilai berhasil memimpin Maluku Tenggara, sejak dilantik 31 Oktober 2018 sebagai Bupati. Kinerjanya baik. Program pembangunan juga dirasakan manfaatnya oleh rakyat.

Hal ini disampaikan Jhon Janyaan,Ketua Ikatan Sarjana Katolik (ISKA) Maluku kepada wartawan di Ambon, Kamis, (25/2). Pembangunan di Malra kini lebih terarah. Dan mampu bersaing dengan kabupaten kota lain di Provinsi Maluku bahkan di level nasional.

”Misi strategis pengentasan kemiskinan, peningkatan kualitas SDM, peningkatan kapasitas infrastruktur dan konektifitas, kini berjalan baik. Trend perbaikan juga menunjukan peningkatan,” kata dia.

Dia yakin, misi pemerintah mewujudkan masyarakat Maluku Tenggara yang mandiri, cerdas demokratis dan berkeadilan dapat tercapai.

Penilaian yang sama juga disampaikan Saiful Narahubun aktifis PMII Maluku. Kata dia, banyak sekali prestasi yang telah dicapai lewat tangan dingin Hanubun.

Dia mencontohkan, tahun 2019 mendapat penghargaan pelaksanaan seleksi CPNS terbaik tahun 2018 dari Kepala Badan Kepegawaian Negara. Lalu Indeks Kesehatan Manusia pada tahun 2019 naik menjadi 78.42 persen dari sebelumnya 73, 48 persen di tahun 2018 dam 73, 84 persen di tahun 2017.

Opini BPK wajar tanpa pengecualian (WTP) berhasil dipertahankan sampai saat ini selama 5 tahun berturut-turut. Demikian pula dengan nilai akuntabilitas kinerja birokrasi pun terus meningkat dari tahun-tahun sebelumnya sehingga ikut mendongkrak nilai LPP dari peringkat 6 naik menjadi peringkat 4 se- Maluku.

Penurunan penduduk miskin juga menunjukan trend meningkat. Tahun 2017 presentasenya 23, 87 persen dan tahun 2018 23, 27 persen. Tahun 2019 turun menjadi 22,75 persen. Demikian pula dengan pola pangan harapan yang meningkat dari tahun 2017 yang hanya 75 persen menjadi 80,6 persen.(yan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lintas Pulau