Connect with us

Metro Manise

Vonis Hakim Dituding Abaikan Fakta Sidang

Alwalid Umamit

Ambon, ameksOnline.- Putusan majelis hakim seringkali memantik ketidakpuasan. Pasalnya, meski fakta persidangan telah terungkap, namun dalam putusannya hakim mengabaikan fakta. Ruslan Jaelani alias Oklan, La Ode Mustapa alias Ode, Junaedi Buton alias Juna, Azis dan Jumarlan Kapota, terdakwa pembunuhan divonis lima tahun.

Mereka, menurut majelis hakim dalam putusannya terbukti dalam persidangan telah melakukan pembunuhan terhadap Arman Walli. Namun putusan itu ditolak tiga terdakwa. Karena itu, dipastikan mereka ajukan banding.

Rencana banding diakui penasehat hukum terdakwa, Muhammad Al-Walit Umamit kepada Ambon Ekspres usai menyampaikan permohonan banding ke pengadilan, Rabu (04/3).“ Iya hari ini (kemarin) kami dari tim penasehat hukum terdakwa mengajukan banding setelah klien kami yang tidak bersalah tetapi dihukum lima tahun penjara,” kata Muhammad Alwalid.

Dia menilai, putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon tak sedikitpun menciptakan rasa keadilan.  Pasalnya, dari 17 saksi yang dihadirkan dalam persidangan tak satupun kesaksian saksi yang mengungkap peran terdakwa Ruslan Jaelani alias Oklan, La Ode Mustapa alias Ode, dan Junaedi Buton alias Juna dalam peristiwa hingga menyebabkan meninggalnya Arman Walli.

Selain itu, sebut dia, dari perkara tersebut kliennya adalah Ruslan Jaelani alias Oklan, La Ode Mustapa alias Ode, Junaedi Buton aliias Juna, Azis dan Jumarlan Kapota.” Alasan kami mengajukan banding, karena putusan hakim mengabaikan fakta dan tidak mencerminkan rasa kekadilan,” kesalnya. 

Dia menyebutkan, permintaan banding terhadap perkara tersebut berdasarkan akta permintaan banding penasehat hukum terdakwa nomor 8.a/Akra Pid.B/2020/PN Ambon. “ Sebagai pencari keadilan, tentunya kami harus mengambil sikap untuk mengajukan banding. Kami berharap putusan ini tidak terulang dalam perkara-perkara lain,” pungkasnya. (AKS)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Metro Manise