Connect with us

Berita Utama

Waikaka Meluap, Trans Seram Putus Lagi

Sungai Waikaka, SBB kembali meluap. Akibatnya jembatan yang meaghubungkan tiga kabupaten terputus. -IST-

Ambon,ameksOnline.- Jembatan darurat diatas Sungai Waikaka, Kecamatan Amalatu, Seram Bagian Barat (SBB) kembali putus, akibat meluapnya air. Luapan air disebabkan hujan mengguyur sebagian besar wilayah Pulau Seram.

Berdasarkan catatan media ini, pasca putusnya jembatan Waikaka pada akhir 2019 lalu, pemerintah sudah berulang kali membuat jembatan darurat guna memperlancar arus transportasi yang menghubungkan Kabupaten SBB, Maluku Tengah dan SBT.

Namun setiap kali hujan jembatan darurat selalu amblas. Sedangkan proses pembangunan jembatan Waikaka secara permanen masih berjalan. Hanya saja jauh dari harapan.
Jembatan darurat yang dibuat di sungai Waikaka itu, setidaknya sudah dua kali namun selalu putus ketika hujan dengan intensitas tinggi mengguyur.

Jumat (31/7) siang tadi, jembatan darurat yang dibuat dikawasan sungai tersebut, kembali putus setelah debit air sungai meningkat akibat hujan.


“Kebetulah saya (Hatta Hehanussa) lebaran Idul Adha di kampung (Hualoy), maka kami menerima kabar jika jembatan hampir putus, dan saya langsung kesini (jembatan Waikaka), dan memang benar jambatan darurat tidak bisa lagi dilewati oleh kendaraan akibat derasnya air,” kata Hatta yang juga Anggota DPRD Provinsi Maluku, kepada media ini, sore tadi.

Menurutnya, hujan deras yang mengguyur pulau seram membuat terjadinya peningkatan debit air di sungai Waikaka, membuat jembatan darurat yang telah dibuat beberapa waktu lalu kembali putus.


“Kondisi saat ini di Waikaka, memang sudah tidak bisa lagi dilintasi baik kendaraan roda dua maupun lebih, sebab jembatan darurat sudah putus lagi,”jelas dia.

Wakil ketua Komisi III yang membidangi insfraktruktur, transportasi, dan perdagangan ini mengaku, akses transportasi dari dan menuju tiga kabupaten di pulau seram lumpuh.
“Salah satu akses utama dari dan menuju SBB, Malteng dan SBT, itu lewat jembatan Waikaka, namun hari ini sudah tidak bisa lagi,” terangnya.

Dia akan menyampaikan laporan ke Komisi III DPRD Provinsi Maluku agar segera merespon hal tersebut, demi kepentingan masyarakat di tiga kabupaten itu.


“Video dan foto-foto sudah langsung disampaikan kepada rekan-rekan komisi maupun DPRD secara kelembagaan, agar kita segera mendesak pemerintah untuk menyelesaikan pembangunan jembatan Waikaka ini. Sebab jembatan Waikaka merupakan satu-satunya akses utama yang menghubungkan tiga wilayah ini,” tandasnya. (AHA).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama